Kota Bandung. Siapa yang tidak kenal dengan Kota satu ini? Kota yang melahirkan banyak usaha laris saat ini dengan berbagai macam produk yang menarik. Tentunya peluang usaha di Bandung sangat besar dan cocok buat kamu.

Kenapa usaha di Bandung laris? Hal ini karena Bandung memiliki daya tarik tersendiri. Sebab dirinya menawarkan banyak sekali tujuan seperti wisata kuliner, wisata alam, wisata belanja, serta tempat tinggal yang nyaman. Wajar bukan jika Bandung merupakan salah satu kota yang dituju saat liburan atau sekedar menghabiskan weekend? 

Kondisi tersebut merupakan salah satu kondisi yang menguntungkan jika kamu memiliki usaha atau berniat untuk memiliki sebuah usaha. Tapi, bukankah memiliki usaha itu harus memiliki modal yang besar? 

Jawabannya tidak. 

Kamu masih bisa memiliki sebuah usaha dengan modal kecil. Buktinya saja, banyak pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari modal kecil di Bandung. Lalu apa yang harus kamu lakukan pertama kali dalam memulai sebuah bisnis? Tentu saja jawabannya adalah menentukan jenis produk apa yang akan kamu usahakan! Berikut beberapa ide usaha di Bandung yang laris dan cocok untuk kamu!

5 Jenis Usaha di Bandung Paling Laris

Fashion

Bisnis fashion di Bandung merupakan bisnis dengan peluang tinggi akan kesuksesan. Hal ini karena Bandung memiliki banyak sekali tempat belanja pakaian yang murah dan tentu saja berkualitas. Selain itu, masyarakat Bandung hingga saat ini selalu melahirkan tren fashion sendiri yang bagus dan disukai oleh banyak kalangan. 

Bisnis fashion ini dapat kamu jalankan dengan modal awal yang tidak terlalu besar. Jika kamu memiliki modal yang kecil, maka kamu dapat membuat usaha toko pakaian di daerah yang sering dikunjungi wisatawan, seperti di Dago. 

Toko offline bukannya membutuhkan biaya untuk menyewa sebuah tempat? Benar sekali. Maka dari itu ada pilihan yang lebih low budget buat kamu, yaitu dengan berjualan online. 

Kamu tidak perlu untuk menyewa sebuah tempat dan merancangnya agar tertarik di mata konsumen. Kamu hanya perlu memiliki sebuah website atau toko di platform e-commerce dan mendesain toko tersebut sehingga menarik minat konsumen. Tentunya, harga yang dikeluarkan masih lebih rendah dibandingkan dengan memiliki sebuah toko offline. Hemat bukan? 

Jika kamu sudah mengumpulkan modal yang lebih banyak, maka tidak ada salahnya untuk berusaha memiliki brand sendiri. Dengan begitu, bisnis yang kamu jalankan akan lebih besar lagi. 

Ketika kamu memutuskan untuk memiliki bisnis sendiri, maka kamu harus memiliki konsep bisnis yang tepat. Hal ini penting buat kamu yang memiliki toko dengan produk orang lain maupun kamu yang memiliki brand fashion sendiri. 

Jika sasaran pasar kamu adalah wisatawan, maka kamu harus membuat seolah-olah produk yang kamu tawarkan sangat berguna untuk mereka. Misalnya untuk oleh-oleh. Ciri oleh-oleh yang berkualitas itu adalah menggunakan bahan yang berkualitas. Selain itu, biasanya oleh-oleh erat kaitannya dengan kemasan. 

Jika kamu ingin meningkatkan kesan eksklusif pada produk fashion tersebut, maka kamu dapat menggunakan jenis kemasan yang apik seperti tote bag. Dengan begitu, produkmu akan terlihat eksklusif dan cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. 

Usaha Kuliner

Usaha Kuliner

Usaha di Bandung selanjutnya yang laris adalah usaha kuliner. Siapa yang tidak mengetahui akan wisata kuliner jajanan Bandung

Banyak wisatawan mengkhususkan diri untuk wisata kuliner saat sedang di Bandung. Hal ini menjadi peluang besar untuk kamu. 

Berbagai makanan Bandung yang terkenal adalah seblak, cilok, surabi, nasi tutug oncom, es goyobod, dan masih banyak lagi. Rasa dari setiap makanan tersebut lezat dan enak. Apalagi jika kamu tambahkan inovasi-inovasi untuk meningkatkan rasa tersebut. 

Usaha kuliner ini dapat kamu jalankan dengan modal yang kecil, asalkan niat dan kamu memiliki hobi di dalamnya. Selain menjual makanan yang dapat langsung disantap, kamu juga bisa membuat produkmu menjadi produk oleh-oleh. 

Misalnya kamu memiliki sebuah toko yang menjual seblak. Nah, ketika wisatawan yang datang ke toko tersebut dan menyukai produk yang kamu sajikan, maka kamu dapat menawarkan mereka dengan membawanya pulang. 

Bukankah seblak merupakan makanan basah yang tidak tahan lama? Kamu dapat mengemasnya menjadi kering dan instan. Dengan begitu para wisatawan akan tertarik untuk membeli produk instan tersebut. 

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat produk tahan lama tanpa menggunakan pengawet. Salah satunya yaitu menggunakan kemasan yang tepat. Kamu dapat menggunakan kemasan yang divakum sehingga tidak ada udara yang masuk dan mengotori makanan. Selain itu kamu juga dapat menggunakan kemasan yang dapat melindungi produk seperti kemasan standing pouch sehingga produk tersebut aman untuk dibawa kemana-mana saat menggunakan standing pouch

Paket Wisata

Paket Wisata

Siapa bilang wisata di Bandung tidak dapat Anda bisniskan? Bandung merupakan daerah yang memiliki pemandangan bagus dan juga alam yang mendukung. Kamu dapat memiliki usaha di Bandung dengan membuka paket wisata dan memanfaatkan kondisi alam tersebut. 

Selain wisata alam, kamu juga dapat menyediakan fasilitas wisata kuliner dan belanja. Gabungkan semua hal menarik yang ada di Bandung dalam beberapa paket, maka akan banyak pelanggan yang tertarik untuk menggunakan jasamu. 

Apalagi jika kamu menyediakan fasilitas antar jemput bandara, kendaraan selama di Bandung, penginapan, dan akomodasi lainnya. Dijamin, bisnis ini akan laris manis di pasaran!

Penginapan

Penginapan

Saat wisatawan dari luar daerah datang ke Bandung tentu saja mereka akan menghabiskan waktu yang cukup lama di sana. Maka mereka membutuhkan penginapan selama menikmati liburan di Kota Bandung. 

Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka sebuah penginapan. Tidak perlu yang mewah seperti hotel bintang lima, kamu hanya perlu menyediakan tempat yang nyaman dan bersih. Dengan begitu, biaya penginapan akan lebih murah dan bisnis mu akan lebih dilirik oleh pelanggan. 

Pusat Oleh-Oleh Bandung

Pusat Oleh-Oleh Bandung

Hal apa yang identik dengan liburan? Tentu saja oleh-oleh. 

Oleh-oleh merupakan barang yang dibawa dari tempat liburan yang ditujukan untuk mengenang proses liburan tersebut. Oleh-oleh tidak hanya dapat kamu berikan ke orang terdekat, namun juga bisa untuk diri sendiri. 

Ada banyak sekali produk Bandung yang dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Dibutuhkan kreativitas sehingga produk kamu tersebut dapat menarik konsumen. 

Dalam satu bisnis ini, kamu dapat mencampurkan beberapa jenis usaha. Seperti fashion, kerajinan tangan, dan makanan. Dengan begitu, para wisatawan tidak perlu mencari tempat lain untuk setiap jenis tersebut karena mereka dapat menemukan semuanya di toko Anda. 

Usahakan untuk memberikan kesan yang baik kepada pelanggan. Biasanya setiap pusat oleh-oleh menyediakan tote bag secara gratis untuk membantu pelanggan membawa barang belanjaannya. Atau menyediakan kardus jika banyak barang yang mereka beli.

5 rekomendasi ide usaha di atas merupakan usaha di Bandung yang laris. Usaha mana yang akan kamu jalankan?