Peluan bisnis les private di kota-kota besar metropolitan seperti Jakarta memang sangat besar karena permintaan akan lembaga profesional penyedia les private Jakarta juga relatif besar.

Melihat besarnya peluang ini, banyak orang yang kemudian berinisiatif untuk mencoba merintis bisnis les private. Mungkin Anda salah satunya. 

Untuk mulai merealisasikan peluang bisnis les private Jakarta, ada beberapa pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda. Salah satu pertanyaan yang bisa dibilang krusial adalah soal tarif.

Cara Menentukan Tarif Les Private di Jakarta dan Kota-kota Besar Lainnya

Kira-kira bagaimana cara menentukan tarif les di kota besar Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Kami, team penulis, akan mencoba berbagi info tentang cara menentukan tarif bisnis les private. Dan berikut informasi detailnya. 

Besaran Tarif Tarif Les Private

Besaran Tarif

Besaran tarif sifatnya relatif, tergantung pada kredibilitas, kualitas, tempat, tenaga pengajar, durai, kuantitas mata pelajaran, dan kemampuan siswa. Beberapa poin adalah kunci utama Anda yang nantinya Anda jadikan sebagai dasar penentu tarif.

Besaran tarif terbaik juga sebaiknya disertai dengan jaminan kualitas pelayanan yang Anda berikan, baik untuk para peserta les private Jakarta yang Anda rintis ini (siswa) maupun untuk para orang tua siswa.

Tempat/ Lokasi

Tempat atau lokasi les private Jakarta juga akan menentukan besaran tarif les private. Tiap kota atau daerah tentunya memasang standard tarif yang berbeda-beda. Umumnya, tarif les private di kota-kota besar jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan tarif les private di kota-kota kecil atau di daerah. Hal ini disebabkan oleh karena biaya hidup di kota-kota besar relatif tinggi. 

Sebagai perbandingan saja, tarif les private per mata pelajaran per pertemuan di Kota Bandung misal Rp. 57.000, sedang tarif les private per pertemuan dengan mata pelajaran yang sama di Bogor lebih tinggi, yaitu Rp. 73.000. Sementara itu di Jakarta, tarif yang ditawarkan jauh lebih tinggi, yaitu bisa mencapai Rp. 80.000 bahkan Rp. 100.000 per mata pelajaran per pertemuan. 

Pengalaman

Selain lokasi, faktor lainnya yang wajib Anda pertimbangkan ketika akan menentukan tarif les private Jakarta rintisan Anda adalah faktor pengalaman. Pengalaman di sini tentu ada kaitannya dengan pengalaman mengajar tutor yang Anda pekerjakan.

Namun jika Anda sendiri yang akan berperan sebagai tutor sekaligus owner bisnis les private yang Anda rintis, tentu akan jauh lebih mudah lagi karena Anda tahu betul kualitas dan pengalaman diri Anda.

Khusus tutor yang Anda pekerjakan, pengalaman dari masing-masing tutor dapat dilihat dari jam terbang si tutor itu sendiri. Ada memang yang tergolong sudah sangat berpengalaman atau senior di kegiatan belajar-mengajar. Namun ada juga yang benar-benar masih baru di dunia mengajar. 

Sebenarnya senioritas dan junioritas tidak menjadi jaminan akan performa seorang tutor. Banyak senior yang memang high-qualified dalam hal mengajar karena selain skillfull, mereka juga dibantu oleh pengalaman yang sudah mereka dapatkan sebelumnya.

Meski begitu, Anda juga tidak boleh meremehkan mereka yang masih junior dan zero-experience. Pasalnya, sekarang banyak tutor junior yang tak kalah kompetitif dengan mereka yang senior. 

Para tutor ini membekali diri mereka dengan ilmu akademik dan skill yang mumpuni. Keduanya mereka dapatkan dari belajar secara otodidak atau berlatih secara profesional.

Skill dan kemampuan akademik yang dimiliki para tutor inilah yang nantinya juga menjadi pertimbangan utama untuk menentukan tarif les private Jakarta rintisan Anda. 

Mata Pelajaran

Spesialisasi atau mata pelajaran rupanya punya andil dalam menentukan tarif sebuah bisnis les private. Ada beberapa mata pelajaran atau spesialisasi yang dibanderol dengan tarif yang lebih mahal per pertemuannya karena memang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Sebagai contoh: les gitar vs les fisika. Tarif untuk kedua jenis les ini sangat berbeda karena les gitar memerlukan bakat dan skill bermain gitar, sedang les fisika hanya memerlukan ketekunan dan latihan soal saja. 

Tingkat Kemampuan Belajar Siswa

Tingkat kemampuan belajar yang dimiliki oleh tiap peserta les tentunya berbeda. Ada peserta les yang dengan mudahnya menyerap materi dan ada juga peserta les yang memerlukan waktu lebih untuk dapat memahami suatu materi.

Hal ini menjadi PR bagi tutor untuk dapat mengaplikasikan metode pembelajaran yang tepat agar para peserta les private Jakarta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan optimal. 

Baca Juga : Yuk Belajar di Kampung Inggris, Hasilnya Dijamin Pro!

Untuk dapat mengaplikasikan metode pembelajaran yang optimal ini, tentu dibutuhkan media-media pembelajaran yang dibeli dengan menggunakan uang. Pengeluaran untuk pembelian berbagai media pendukung inilah yang juga menjadi pertimbangan Anda ketika akan menentukan tarif les. 

Jenjang Pendidikan Tutor

Jenjang pendidikan tutor juga berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang diberikan kepada para peserta les. Semakin tinggi jenjang pendidikan seorang tutor, semakin matang juga kapasitas ilmu yang dimilikinya, dan secara otomatis semakin tinggi pula fee yang wajib Anda bayarkan.