Dunia fashion memanglah tidak pernah mati. Beragam mode gaya selalu hadir dan diperbarui setiap tahunnya. Berbagai perancang busana juga selalu memberikan inovasi agar hasil kreasinya menjadi diminati oleh masyarakat. Salah satu yang unik adalah munculnya sepatu rajut.

Hasil kreasi rajut pada mulanya hanya muncul dalam hal pakaian seperti baju, sweater, hingga scarf. Dengan beragam inovasi di dalamnya, kemudian kerajinan rajutan ini juga diadopsi ke dalam bentuk sepatu. Sepatu berbahan rajut memanglah terdengar sedikit aneh bukan?

Tren sepatu rajut sebenarnya sudah muncul pada tahun 2018-an lalu. Sepatu rajut hanya dipasarkan dalam kalangan tertentu yang menyukai dunia ini. Tak lama kemudian, sepatu jenis rajut menjadi salah satu komoditas bisnis yang menjanjikan. Bagaimana bisa?

Dari Kerajinan, Jadi Bisnis Beragam

Kerajinan dalam dunia kreatif memanglah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Kerajinan rajut ini misalnya. Di tangan-tangan kreatif, benang yang dirajut ini menjadi benda yang bernilai jual tinggi.

Sepatu rajut yang diproduksi oleh beberapa orang ini menjadi salah satu bukti bahwa kerajinan juga menjadi komoditas bisnis dan mampu meningkatkan perekonomian kecil. Bisnis jual beli sepatu rajut ini bahkan juga sudah dipasarkan melalui pasar online.

Jual sepatu online menjadi salah satu hal yang lumrah saat ini. Maka tak heran jika sepatu rajut juga turut dipasarkan dalam dunia maya. Penjualan sepatu ini bahkan sudah mencakup pasar nasional karena peredarannya yang relatif cepat.

Jika dibandingkan dengan variasi sepatu yang lain, jenis sepatu rajut memanglah tidak seuniversal sepatu lain. Sepatu jenis ini lebih banyak digunakan sebagai tambahan fashion dan outfit keseharian. Unik juga ya.

Pada mulanya, ini hanya dipakai dalam acara tertentu atau dipakai untuk beberapa orang saja. Selain itu, sepatu rajut juga awalnya hanya dipakai oleh bayi yang bertujuan untuk melindungi kaki sebagai alas kaki. Modifikasi yang dilakukan pada produk ini membuatnya lebih ramah dan bisa digunakan semua kalangan di segala kondisi.

Pengrajin Sepatu Rajut dan Jual Beli lewat Online

sepatu rajut online shopping
freepik.com

Salah satu pengrajin sepatu rajut yang berada di Semarang ini awalnya hanya memiliki minat dan hobi dalam dunia rajutan. Biasanya, barang kerajinan yang dihasilkan dari rajutan ini adalah tas. Tetapi, tas rajut sudah banyak dipasarkan sehingga kompetisi penjualannya yang ketat.

Maka, dengan inovasi yang ada, rajutan ini diaplikasikan ke dalam bentuk sepatu. Kombinasi ini dilakukan antara benang rajut dan sol sepatu dengan bahan karet. Tujuannya adalah agar tetap nyaman dikenakan ketika di luar ruangan.

Benang yang digunakan untuk sepatu ini menggunakan benang katun yang kuat. Dipilihnya benang katun sebagai bahan utama karena benang jenis ini lebih nyaman dipakai dan lebih kuat daripada jenis bahan yang lain. 

Pada mulanya, pengrajin asal Semarang ini hanya menggunakan modal sebanyak Rp 500.000 untuk membuat pesanan teman-temannya. Tak lama setelah itu, banyak sekali permintaan dari berbagai daerah. Ia kemudian jual sepatu ini juga secara online.

Dengan target pasar jual beli sepatu online, permintaan ini semakin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, kemudian ia melibatkan ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya untuk membantunya. Dengan ini, roda perekonomian bisa berputar dan turut membantu masyarakat sekitar memperoleh penghasilan.

Kebanyakan para tetangga yang ikut bekerja sebagai pengrajut ini memiliki profesi sebagai petani. Maka untuk mengisi waktu ketika tidak ke sawah, mereka menekuni rajutan dan dikembangkan menjadi sepatu yang memiliki peluang bisnis yang tinggi.

Baca juga: Simak Langkah Mengaktifkan Paypal BRI Anda

Bisnis Jual Beli Sepatu Online yang Menggiurkan

Penjualan sepatu bahan rajut ini ternyata cukup menjanjinkan. Dengan dipasarkan melalui dunia maya, sepatu ini bisa menghasilkan omzet hingga jutaan rupiah. Dalam sebulan, setidaknya ada 300 pasang sepatu yang mampu dijual ke berbagai daerah.

Jual beli sepatu online ini menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan lho. Di sini, penjual bisa memasarkan produknya tanpa perlu membuka toko maupun bertemu pembelinya secara langsung. Dengan demikian, ada banyak biaya yang bisa ditekan dalam produksinya.

Harga yang dijual dari satu pasang sepatu ini dipatok dari harga puluhan ribu hinga ratusan ribu rupiah tergantung kerumitan model sepatu. Penjualan ini membuat UMKM dan ekonomi lokal menjadi lebih berwarna dengan kehadiran berbagai model tersebut.

Bisnis jual beli sepatu secara online ini menjadi sebuah cara di mana lebih menekankan pada efisien dan efektifitas. Pasar dunia online memanglah sudah lama dikenal, beberapa tahun belakangan ini menjadi tren yang cukup massif dan digemari.

Dengan berbagai kelebihan yang ada, bisnis jual beli sepatu online mampu memberikan keuntungan yang berlipat. Bisnis sepatu rajut online ini menjadi salah satu contohnya, di mana pengrajin mampu menghidupkan ekonomi setempat dengan hobi yang ditekuninya.