Permainan Solitaire Permainan Klasik yang Menyenangkan

Permainan solitaire merupakan permainan lawas yang sudah ada sejak lama. Permainan ini dimainkan di komputer dan bisa dilakukan secara offline. Selain itu, permainan ini sering juga kita temukan pada berbagai situs judi online Permainan ini menggunakan kartu sejumlah 52 buah sama halnya permainan dengan kartu remi lainnya.

Beberapa orang menyebut permainan ini dengan sebutan ‘patience’ atau kesabaran karena pemain harus bersabar. Alasan mengapa pemain harus cukup bersabar adalah terkadang pemain tidak bisa diselesaikan. Di sinilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi pemainnya.

Pengaturan Permainan Solitaire

Sebelum memulai permaian, pahami dengan benar tujuan permainan ini. Tujuan dari solitaire adalah menciptakan empat tumpukan kartu. Tiap tumpukan harus memenuhi nilai tertentu dan nilai yang meningkat. Biasanya akan dimulai dari nilai paling rendah, yaitu As menuju nilai tertinggi, yaitu King.

Setelah itu, mulailah permainan dengan mengatur posisi kartu di layar. Taruhlah kartu yang terbuka dan tempatkan enam kartu yang tertutup di sebelahnya. Kemudian, pemain bisa menaruh lagi kartu yang terbuka di atas dari kartu pertama.

Lakukan cara ini terus menerus hingga membentuk susunan kartu yang lengkap dan memenuhi aturan. Jika ada kartu yang tidak sesuai, pemain bisa menempatkan sisa kartu ini di tumpukan bawah atau bagian bawah.

Biasanya, tumpukan kartu di bawah ini digunakan untuk mendapatkan kartu lebih banyak. Kartu ini juga menjadi kartu cadangan jika kehabisan langkah dalam satu permainan. Tentu juga jangan lupa untuk menyiapkan tempat di bagian atas untuk empat tumpukan kartu.

Cara Bermain Solitaire

Permainan solitaire merupakan salah satu permainan kartu yang cukup mudah. Permainan ini tidak memerlukan strategi yang khusus seperti bermain poker. Pemain bisa menyusun kartu sesuai dengan keluaran kartu yang muncul di layar.

Baca juga: Selain Joaquin Phoenix, Ini Dia 4 Sosok Joker Dalam Dunia Nyata

Pertama-tama, lihatlah kartu yang terbuka di meja. Jika ada kartu As, maka taruhlah kartu ini di atas tujuh tumpukan kartu yang lain. Ketika kartu As tidak ada, coba atur ulang kartu tersebut dengan memindahkan kartu yang telah terbuka.

Biasanya, urutan kartu ini bervariasi tergantung pengaturan permainan. Ada yang mengharuskan kartu berbeda warna dalam satu tumpukan, ada pula yang tidak memperbolehkan kartu beda warna.

Misalnya, pemain memiliki kartu enam berlogo hati, maka pemain ini bisa menaruh kartu lima daun atau keriting di atasnya. Kemudian lakukan ini hingga ke kartu dengan nilai paling tinggi. Kebanyakan komputer memiliki settingan untuk menempatkan kartu secara selang-seling warnanya.

Kemudian, buatlah kartu dalam keadaan terbuka untuk posisi teratas. Kartu paling atas di masing-masing tumpukan harus terbuka. Ketika sudah memilih untuk memasang kartu, lakukan juga untuk kartu selanjutnya agar kartu tersebut terbuka.

Tumpukan Kartu dalam Solitaire

Permainan solitaire mengharuskan pemainnya menumpuk kartu sesuai dengan urutan yang ditentukan. Bangunlah tumpukan kartu dengan kartu As sebagai dasarnya. Biasanya formasi dalam permainan solitaire ini memiliki tumpukan meningkat.

Adapun susunan dari permainan ini adalah A, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K. Jangan lupa untuk menggunakan kartu cadangan jika kartu yang muncul tidak sesuai. Biasanya akan muncul kartu As pada kartu-kartu tersebut.

Lakukan cara ini hingga tumpukan di permainan habis. Setelah tumpukan kartu cadangan habis, gunakan tumpukan kartu buangan. Tapi pastikan untuk tidak melakukan kocokan kartu.

Jika dalam tumpukan ada kartu terbuka yang tertutup oleh kartu terbuka yang lain, maka pemain bisa memindahkan karti ini ke bagian lain terlebih dahulu sehingga bisa dipindahkan. Setelah itu, taruh kartu tersebut dalam susunan yang disediakan.

Permainan ini terbilang permainan paling mudah dan bisa dimainkan tanpa syarat apapun. Silakan mencoba!