Kini mengoleksi banyak jenis sepatu telah menjadi hobi hampir seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari model sepatu yang biasa sampai dengan design yang mahal. Tentu saja semua orang pasti ingin merawat sepatu kesayangannya agar tetap awet dan selalu terlihat baru. Terlebih lagi untuk para kolektor yang sudah morogoh saku berjuta – juta. Hal ini disebabkan fungsi sepatu yang kini semakin bervariasi. Selain sebagai alas kaki, kini sepatu telah menjadi fashion item untuk menunjang penampilanmu sehari-hari.

Oleh sebab itu, banyak orang yang memiliki sepatu lebih dari satu di rak sepatu mereka. Tidak hanya itu saja banyak sepatu yang harganya tidak murah, banyak sepatu yang harganya lebih dari jutaan. Hal ini yang membuat kita untuk terus menjaga sepatu kesayangan agar tetap awet. Media penjualan sepatu pun kini sudah sangat banyak. Tidak perlu lagi jauh – jauh ke mall untuk membeli sepatu. Sekarang dengan teknologi kita dapat membeli sepatu online di toko sepatu online. Berikut beberapa tips merawat sepatu agar sepatu kesayanganmu tetap awet dan juga tetap terlihat baru.

 1. Bersihkan sepatu secara berkala

Salah satu cara merawat sepatu yang paling utama adalah dengan membersihkan sepatu secara berkala. Jika sepatu kesayanganmu sudah terlihat kotor maka bersihkan agar tetap terlihat baru. Ketika setelah memakai atau ingin memakai sepatu, bersihkan sepatu dengan menggunakan kain lap kering. Sehingga noda yang terdapat disepatu tidak berbekas.

2. Cuci sepatu dengan benar

Jika sepatumu sudah terlihat sangat kotor atau memang sudah waktunya untuk dicuci, cucilah sepatumu agar tetap terlihat baru. Namun, perlu untuk mencuci sepatu diperhatikan apa saja yang tidak boleh dilakukan saat mencuci sepatu. Jangan mencuci sepatu dengan menggunakan mesin cuci. Hal ini dapat akan membuat sepatumu cepat rusak, seperti berkerut dan bahkan lem yang ada pada sepatu bisa terlepas. Selanjutnya, untuk proses pengeringan, jangan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat warna sepatu cepat memudar.

Namun jika sudah dipakai secara rutik untuk beraktivitas alangkah baiknya untuk mencuci sepatu dengan cara yang baik. Berikut cara membersikan sepatu yang baik :

Gunakan sikat lembut

Sikat sepatu dengan sikat yang lembut untuk membersihkan secara rutin dari debu dan bulu. Bisa menggunakan sikat lembut apa saja yang banyak dijual di pasaran. Beberapa sikat ada yang terbuat dari rambut binatang yang aman untuk diperjualbelikan dan cocok untuk menyikat sepatumu.

Untuk sepatu berbahan kulit, disarankan menggunakan sikat khusus. Mode sepatu dengan  bahan kanvas boleh menggunakan sikat dengan bulu sintetis. Sikat secara berkala agar senantiasa bersih, khusus sneaker bisa membersihkan bagian luar solnya.

Mencuci dengan sabun khusus

Selain menggunakan sikat yang lembut merawat sepatu juga harus dengan sabun khusus. Sama seperti sikat, sabun khusus sepatu sudah bisa ditemukan di pasaran. Jika mencuci dengan deterjen biasa, sepatu akan mudah rusak dikarenakan formulanya terlalu keras.

Selain itu, mencuci dengan deterjen atau sabun biasa juga berpotensi meninggalkan residu. Sehingga sepatu akan terdapat bercak putih setelah dicuci. Tentu saja tidak ada yang mau apabila sepatunya rusak karena hal tersebut. Sabun yang diperuntukkan buat sepatu umumnya lebih lembut, bersih, dan memiliki aroma yang segar.

Jangan menjemur di bawah terik matahari

Setalah beres mencuci sepatu kini juga ada tips merawat sepatu ketika ingin menjemurnya. Menjemur sepatu di bawah terik matahari langsung memang akan mempercepat waktu pengeringan sepatumu. Namun hal ini juga dapat merusak bahan sepatu yang terbuat dari fabric atau kanvas. Di sisi lain menjemur sepatu tersebut akan membuat warna cepat pudar. Lebih baik untuk angin-anginkan saja di tempat yang teduh. Tenang saja, apabila sudah mencuci sepatu dengan benar sepatumu tidak akan bau. Meskipun tidak dijemur di bawah matahari.

 Memakai sepatu saat kaki kering

Saat memakai sepatu diwajibkan untuk memakai sepatu dengan kondisi kaki kering agar terawatt. Jangan sekalipun memakai sepatu dalam keadaan kaki masih basah. Hal tersebut  ini akan memicu perkembangan bakteri. Tentu saja juga akan membuat sepatumu menjadi lembab dan bau. Serta dapat membuat sepatu kempes dan bahkan berubah bentuk. Selain itu juga tidak baik untuk kesehatan kakimu.Maka dari itulah sangat penting untuk mengeringkan kaki terlebih dahulu. Karena hal tersebut bagian dari merawat sepatu dengan baik.

4. Menyimpan dalam kotak kering

Ketika membeli sepatu online pasti akan mendapatkan kardus sepatu tersebut. Jangan sekali-kali untuk membuang kardus sepatu tersebut. Selain sebagai packaging, kardus sepatu juga dapat digunakan sebagai penyimpanan sepatumu. Biasanya dalam kardus sepatu terdapat kertas pelindung dan juga silica gel yang berguna sebagai anti jamur. Jika terlalu lama diletakkan di dalam kotak sepatu juga dapat berisiko jamuran. Untuk itu jika menyimpannya di kotak, sertakan penyerap lembap di dalamnya. Simpan dengan kertas tisu dan shoe tree untuk merawat sepatu agar bentuknya tetap terjaga. Sesekali kamu perlu mengeluarkannya dari kotak untuk diangin-anginkan jika sudah lama tidak dipakai. Jika perlu gunakan penyerap lembap untuk ruangan di sekitar tempat menyimpan sepatu. Karena sangat fatal apabila menyimpan sepatu ditempat yang lembap.

Itulah beberapa tips yang dapat membantu untuk merawat sepatu agar awet dan tidak cepat rusak. Sepatu memang menjadi alas kaki favorit yang selalu digunakan manusia saat ini. Terlebih lagi sepatu dapat digunakan dalam acara apapun. Mulai dari rangkaian acar formal hingga hanya sekedar untuk jalan Bersama rekan atau sahabat. Selain sebagai alas kaki, sepatu juga menjadi fashion utama untuk menunjang penampilanmu. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah untuk merawat sepatu kesayanganmu agar  tetap awet dan tidak cepat rusak. Pasti tidak ada yang ingin sepatu kesayangannya apalagi jika membelinya dengan harga yang fantastis menjadi rusak.