Alat safety merupakan alat yang penting untuk dikenakan pada lingkungan kerja, terlebih lingkungan konstruksi. Lingkungan konstruksi dan pembangunan sudah diketahui menjadi kawasan yang sangat berbahaya untuk pekerja. Hal ini dikarenakan banyaknya alat berat serta pengerjaan pembangunan yang ada di kawasan konstruksi. Selain itu, banyaknya bahan dan zat kimia yang dapat mempengaruhi tubuh pekerja juga merupakan hal yang dapat menjadi berbahaya. Maka dari itu, sangat penting untuk pekerja konstruksi dalam menggunakan dan merawat alat safety. Sehingga anda tidak perlu terus membeli peralatan safety secara online.

Namun, selain penggunaan alat safety, ada satu faktor yang juga mempengaruhi pengunaan alat safety tersebut. Faktor tersebut adalah perawatan alat safety. Perawatan alat safety merupakan upaya ataupun usaha dalam menjaga dan merawat alat safety yang digunakan. Alat safety yang telah digunakan sebaiknya dapat dirawat dan disimpan dengan baik. Maka dari itu, sangat penting untuk merawat alat safety. Dengan perawatan alat safety yang tepat, alat safety dapat terjaga kondisinya. Selain itu, dengan terjaganya kondisi alat safety, maka perlengkapan safety tersebut dapat digunakan dalam jangka lama.

Alasan Merawat Alat Safety

Perawatan alat safety merupakan sesuatu yang harus diketahui oleh baik pekerja konstruksi dan juga perusahaan konstruksi tersebut. Perawatan alat safety yang dilakukan dengan baik dan benar akan memberikan perpanjangan hidup dan penjagaan kualitas terhadap alat safety tersebut. Alat yang dibeli dari toko alat safety tidak akan dengan mudah rusak dan akan terjaga bentuknya. Namun, perawatan alat safety terkadang merupakan hal yang sukar untuk dilakukan.

Masih banyak pekerja dan perusahaan konstruksi yang lalai dalam melakukan perawatan alat safety. Maka dari itu, perawatan alat safety harus gencar dilakukan secara rutin dan teratur. Berikut adalah langkah langkah dan cara cara perawatan alat safety.

Menaruh barang sesuai tempatnya

Langkah paling pertama dan paling mudah dalam melakukan perawatan alat safety adalah untuk meletakkan alat safety pada tempatnya setelah digunakan. Terkadang, alat safety yang telah digunakan ditelantarkan begitu saja. Sering kali alat safety tidak dikembalikan pada tempatnya. Ini tentunya akan membawa banyak masalah bagi kondisi alat safety tersebut. Pertama, jika alat safety tersebut tidak dikembalikan pada tempatnya, maka bisa jadi alat safety tersebut hilang dan bahkan dicuri. Hal ini tentunya menjadi suatu posibilitas karena luasnya kawasan konstruksi. Maka dari itu, jika alat safety tidak dikembalikan pada tempatnya, ada suatu peluang bahwa alat tersebut akan hilang dan lenyap.

 Perlu diketahui bahwa membeli alat safety sangatlah mahal dibandingkan merawat alat safety. Maka dari itu, alat tersebut harus dijaga dengan baik. Selain itu, alat safety yang tidak dikembalikan pada tempatnya bisa rusak karena tidak diletakkan secara baik. Alat safety yang ditinggalkan begitu saja bisa jadi jatuh tertimpa barang ataupun hal lainnya. Ini tentunya akan membuat alat safety rusak. Maka dari itu, sangat penting untuk meletakkan perlengkapan safety pada tempatnya.

Membersihkan alat secara rutin

Langkah kedua dalam perawatan alat safety adalah untuk melakukan pembersihan alat safety secara berkala. Pembersihan alat safety tentunya sangat penting untuk dilakukan. Terkadang, alat safety yang telah digunakan berada dalam kondisi kotor karena terkena zat zat kimia ataupun lumpur di kawasan konstruksi. Jika alat safety terus terusan berada dalam kondisi kotor dan tidak dibersihkan, maka alat tersebut akan dengan mudah untuk berkarat. Selain itu, alat safety juga bisa rapuh dan mudah rusak karena terkena zat kimia.

Maka dari itu, sangat penting untuk membersihkan alat safety. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama adalah untuk menyiram alat safety secara berkala. Ini akan membilas semua kotoran yang ada pada alat safety. Selain itu, kita juga dapat melakukan pembersihan alat safety dengan pengelapan pada alat alat safety. Dengan ini, setidaknya kita meminimalisir bakteri yang ada pada alat safety.

Pemeriksaan dan perbaikan

Langkah lain yang dapat dilakukan dalam perawatan alat safety adalah dengan melakukan pemeriksaan. Alat safety yang ada di kawasan konstruksi terkadang dapat saja berada dalam kondisi yang rusak atau tak layak pakai. Terkadang, perusahaan perusahaan konstruksi tidak tahu akan hal ini dan tetap menyuruh pekerja mereka untuk menggunakan alat safety tersebut. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena alat safety yang digunakan tak lagi dalam kondisi prima. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan pemeriksaan dan pengecekan berkala.

Ini dapat dilakukan dengan memanggil mekanik atau ahli/supplier dari produk alat safety tersebut. Dengan adanya pemeriksaan ini, tentunya kita dapat mengetahui kerusakan kerusakan serta kondisi dari alat safety yang digunakan pekerja. Ini pastinya akan memastikan bahwa merawat alat safety yang digunakan pekerja berada dalam kondisi baik dan layak pakai.

Kesimpulan

Semua langkah lain yang dapat dilakukan dalam perawatan alat safety adalah langkah perawatan spesifik. Tidak semua alat safety melewati langkah perawatan yang sama. Maka dari itu, ketahuilah langkah langkah perawatan alat safety secara spesifik. Seperti contoh, langkah perawatan alat safety berupa kacamata safety atau safety glasses. Cara merawat kacamata safety adalah dengan menyimpannya dengan baik dan benar. Hal ini mencegah agar kacamata safety tidak rusak ataupun patah.

Selain itu, kacamata safety yang telah tergores dan tidak layak pakai sebaiknya langsung di ganti. Contoh lain dari perawatan alat safety secara spesifik adalah perawatan alat safety berupa sepatu safety. Ada banyak cara perawatan seaptu safety. Yang pertama adalah menyimpannya dalam ruang terbuka dan tidak lembab. Ini akan mencegah sepatu safety berjamur dan masih nyaman untuk dipakai.

Cara lain perawatan sepatu safety adalah dengan melakukan pemeriksaan kondisi sepatu tersebut. Jika sepatu tersebut tak lagi keras dan telah kehilangan “metal” (besi)nya, maka sepatu tersebut tak lagi layak pakai. Segera ganti sepatu safety tersebut dengan sepatu yang baru. Cara terakhir perawatan sepatu safety adalah dengan menyemir dan mencucinya secara berkala. Hal ini akan memperpanjang kualitas sepatu dengan merawat alat safety tersebut.