Mengenal novel dan sejenisnya sepertinya belum banyak diketahui bagi penulis pemula. Yang sudah lihai menulis novel pun belum ada jaminan paham betul tentang hal ini. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini mengulik novel dan sejenisnya akan dibahas secara rinci.

Sebelum membahas lebih dalam tentang novel, harus tahu dulu tentang pengertiaannya. Novel adalah suatu karya sastra yang berbentuk prosa naratif panjang. Di dalam novel tersebut terdapat rangkaian cerita tentang kehidupan tokoh-tokoh dan orang di sekitarnya.

Mengenal Novel dan Sejenisnya Berdasarkan Ciri, Struktur dan Unsur di Dalamnya

Secara bahasa kata novel berasal dari bahasa Italia yaitu “novella” yang artinya sebuah cerita. Oleh sebab itu penulis novel kemudian disebut novelis. Cakupan novel sangat luas, jika ingin tahu lebih dalam, yuk simak ulasan sederhana di bawah ini;

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Agar lebih mengenal novel dan sejenisnya, maka bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Ahli yang pertama adalah Drs. Rostamaji, M.Pd yang mengartikan novel sebagai sebuah karya sastra yang memiliki 2 unsur. Unsur tersebut adalah unsur intrisik dan ekstrinsik.

Selanjutnya Dr. Nurhadi mendefinisikan novel sebagai bentuk karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai sosial, budaya, moral dan pendidikan. Sedangkan  Paulus Tukam, S.Pd.mengartikan berbeda. Novel adalah suatu karya sastra prosa dengan unsur intrinsik.

Mengetahui kaitan novel dan sejenisnya bisa dipahami dari pengertian yang diberikan Drs. Jakob Sumardjo. Menurutnya novel adalah bentuk karya sastra yang populer di dunia. Novel adalah yang paling banyak dicetak karena daya tariknya yang luas di masyarakat.

Mengenal Novel dan Sejenisnya: Ciri-Ciri Novel

Sebuah karya sastra yang berbentuk novel dapat dikenali dari beberapa karakeristik yang membedakannya dengan karya sastra lain. Adapun ciri atau karakteristik novel dapat dilihat dari jumlah katanya. Sebuah novel umumnya memiliki kurang lebih 35.000 kata.

Dalam penulisannya novel ditulis secara naratif atau deskriptif yang menggambarkan kejadian di dalamnya. Dalam sebuah novel biasanya alur yang digunakan lebih kompleks. Terdapat lebih dari satu impresi, emosi dan efek kejadian.

Memiliki banyak kata dalam ceritanya sehingga yang membaca membutuhkan waktu sekitar 120 menit hingga habis. Mengenal novel dan sejenisnya akan menjadi sebuah hiburan di saat senggang. Apalagi ceritanya panjang dan biasanya penuh dramatis.

Mengenal Novel dan Sejenisnya: Struktur Novel

Mengenal novel modern dan sejenisnya akan memberikan banyak pelajaran, utamanya tentang struktur novel. Struktur novel adalah beberapa elemen penting yang membentuknya hingga menjadi cerita utuh. Struktur novel ini adalah bagian penting dari sebuah cerita.

Adapun struktur dari sebuah novel terdiri dari abstrak yaitu ringkasan dari sebuah novel. Dapat dibilang bagian ini adalah gambaran awal. Mengerti novel dan sejenisnya akan membawa efek terbawa perasaan apabila hanyut dalam orientasi novel.

Orientasi ini adalah struktur novel yang berkaitan dengan waktu, suasana dan tempat yang ada dalam novel. Struktur novel selanjutnya adalah komplikasi atau kejadian sebab akibat. Adanya kejadian tersebut akan memunculkan konflik dalam novel yang disebut evaluasi.

Menjelang bagian akhir, mengenal lebih banyak tentang novel akan lebih lengkap terasa saat sampai pada resolusi. Struktur novel ini adalah solusi terhadap masalah yang dihadapi tokoh utama. Saat itu, ending novel atau koda bisa bahagia atau sedih tergantung dari penulisnya.

Unsur  Intrinsik Novel

Mengenal novel dan sejenisnya tidak bisa dilepaskan dari adanya unsur sebuah novel. Unsur novel terdiri atas 2 macam yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur pembentuk novel dari dalam cerita novel tersebut.

Unsur intrinsik seperti yang tercantum dalam  https://academia.co.id/ terdiri dari tema yang diangkat dalam novel. Dalam sebuah novel terdapat alur atau jalan cerita yang memuat latar dan tokoh dalam sebuah novel. Unsur selanjutnya adalah penokohan atau watak tiap tokoh.

Penokohan ini biasanya terdiri dari beberapa peran. Ada yang protagonis atau pemeran baik. Ada yang antagonis atau pemeran jahat. Hingga yang berperan sebagai tritagonis atau yang sering disebut tokoh pendukung.

Mengenal novel lebih dalam dapat pula dilihat dari gaya bahasa yang digunakan. Jika cerpen lebih banyak menggunakan bahasa ringan dan sederhana, untuk novel biasanya panjang dan kompleks. Unsur terakhir adalah amanat atau pesan penulis dalam novel.

Mengenal Novel dan Sejenisnya: Unsur Ekstrinsik Novel   

Jika sudah mengetahui genre novel dan sejenisnya dari unsur intrinsik dapat dipahami, maka akan mudah memahami unsur ekstrinsiknya. Definisinya adalah unsur pembentuk novel yang berasal dari luar. Unsur yang pertama adalah latar belakang pengarang.

Baca juga: Nutrisi Otak Untuk Penderita Stroke

Unsur selanjutnya adalah latar belakang masyarakat yaitu segala hal di masyarakat yang berpengaruh pada novel. Unsur terakhir adalah nilai yang terdapat pada novel. Atau nilai yang terkandung pada sebuah novel baik itu moral, sosial atau budaya.

Demikianlah pembahasan tentang mengenal novel dan sejenisnya. Sekarang pemahaman tentang novel telah bertambah. Ingin pemahaman yang lebih lagi, bisa klik di bhttps://academia.co.id/ banyak informasi terkait novel dan yang lainnya di sana.