bagian kapal laut

Mengenal Bagian Kapal Laut Secara Umum

Kapal laut merupakan bentuk transportasi yang cukup banyak diminati oleh orang orang. Hal ini dikarenakan kapal laut memberikan pilihan transportasi yang cukup murah dibandingkan dengan bentuk transportasi lainnya. Dikarenakan hal ini, banyak orang berbondong bondong untuk bisa menaiki kapal laut. Untuk mereka yang ingin merogoh kocek, tak sedikit yang bahkan ingin membeli bagian kapal laut. Mereka menggunakan kapal laut untuk berbagai macam jenis dan keperluan. Ada yang menggunakan kapal laut untuk berjalan jalan mengintari laut.

Ada juga yang membeli kapal laut untuk membuka bisnis logistik dan pengantaran barang (freight ship). Tak sedikit pula yang membeli ataupun merental kapal laut guna mencari ikan. Dengan itu, kapal laut ini juga dilengakpi dengan peralatan kapal sesuai dengan kebutuhannya. Beda beda jenis kapal laut juga akan memiliki bagian bagian yang berbeda. Namun secara umum, bagian bagian kapal tidak jauh berbeda dan bahkan ada yang sama.

Menghindari Kerusakan Pada Kapal

Sebagai alat transportasi yang beroperasi dikawasan perariran, bagian bagian sangat penting untuk menopang jalannya kapal tersebut. Sering sekali kapal laut tenggelam karena adanya bagian bagian ini yang tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk kita (terutama calon pembeli atau pekerja di kapal laut) untuk mengetahui bagian bagian di kapal laut.

Hal ini mempermudah kita untuk mengidentifikasi bagian bagian dari kapal laut. Ini juga dapat memudahkan kita memperbaiki atau mencari kerusakan dari bagian bagian tersebut jika sewaktu waktu terjadinya kerusakan. Secara umum, kapal laut terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari cerobong, buritan sampai geladak utama, bagian bagian inilah yang membuat kapal laut dapat beroperasi dan mengarungi lautan.

Lambung Kapal

Bagian pertama dari kapal laut yang harus diketahui adalah lambung kapal. Lambung kapal dalam Bahasa Inggris disebut sebagai hull. Lambung kapal adalah badan dari suatu kapal. Bagian ini merupakan bagian dari kapal laut yang sangat penting. Hal ini dikarenakan lambung kapal meyediakan daya apung (buoyancy) yang memperbolehkan kapal untuk mengapung di air agar tidak tenggelam. Lambung kapal dirancang agar sekecil mungkin menimbulkan gesekan dengan air, terlebih untuk kapal yang memiliki kecepatan tinggi.

Perancangan dan pembuatan lambung kapal merupakan hal yang penting dalam membuat kapal laut. Ini dikarenakan bagian ini merupakan dasar perhitungan stabilitas kapal. Selain itu, lambung kapal juga bisa menjadi acuan untuk mengetahui besarnya tahanan kapal. Hal hal lain yang dapat diketahui melalui lambung kapal adalah konsumsi bahan bakar serta besaran daya mesin.

Lambung kapal pun memiliki macam macam dan bentuk bentuk yang berbeda. Macam bentuk lambung kapal yang pertama adalah lambung datar. Kapal yang menggunakan lambung datar merupakan kapal yang bisa digunakan pada perairan tenang. Bagian kapal laut yang menggunakan lambung datar pun biasanya memiliki kecepatan rendah. Lambung datar sering sekali ditemui pada kapal tangker.

Lambung Katamaran

Selanjutnya adalah lambung katamaran. Kapal yang menggunakan lambung ini memiliki stabilitas yang tinggi. Namun, gelombang yang ditimbulkan relatif lebih kecil. Karena ini, kapal kapal yang menggunakan lambung katamaran sering kali beroperasi di sekitaran sungai. Lambung lain adalah lambung V. Lambung ini  memiliki bentuk lancip yang menyerupai huruf V. Lambung V memiliki hambatan yang kecil sehingga lebih hemat dalam pengunaan bahan bakar.

Kapal yang biasa menggunakan lambung V adalah kapal kapal yang memiliki kecepatan tinggi. Selain itu, ada juga lambung terowongan. Lambung terowongan memiliki tujuan untuk mengurangi gesekan. Terakhir adalah lambung ponton. Kapal yang memiliki lambung ponton dibangun diatas ponton. Kapal yang menggunakan lambung ini sangatlah stabil dan biasa digunakan untuk penyeberangan sungai/antar pulau. Namun, tidak efisien bila digunakan untuk pelayaran jarak jauh.

Selain lambung kapal, bagian kapal laut yang tak kalah penting lainnya merupakan propeller. Propeller dalam Bahasa Indonesia biasa disebut sebagai baling-baling. Bagian ini sangatlah penting karena propeller ini lah yang berfungsi sebagai mesin yang menjalankan kapal. Mesin ini dapat mengubah gaya gerak rotasi yang kemudian menciptakan gaya dorong. Ada banyak jenis propeller atau baling baling yang digunakan oleh kapal laut. Diantaranya adalah propeller biasa, azimuth thrusters, tunnel thrusters, electrical pods, voith schneider propeller dan waterjets. Beda beda kapal menggunakan propeller atau baling baling yang beda pula.

Cerobong

Bagian kapal lainnya adalah cerobong. Cerobong merupakan bagian kapal yang secara umum diketahui dan dapat dilihat dengan mudah. Cerobong merupakan tempat dimana asap dari pembakaran bahan bakar kapal laut.

Kulit kapal juga merupakan bagian kapal laut yang penting. Kulit kapal merupakan bagian kapal yang terletak pada bagian paling luar dari kapal. Pada umumnya, kulit kapal terbuat dari bahan aluminium, kayu ataupun baja. Bagian ini kemudian berbentuk plat dan disambung membentuk lajur pada badan kapal. Bahasa lain dari kulit kapal adalah ship shell. Kulit kapal memiliki fungsi membuat struktur kapal membujur. Selain itu, kulit kapal juga membantu menahan beban kapal beserta muatannya. Ini menjadi perlengkapan kapal yang wajib anda miliki.

Bridge

Bagian kapal lainnya adalah anjungan atau bridge. Anjungan diibaratkan sebagai tempat kapten. Di bagian ini, terdapat roda kemudi dan ruang komando yang berisi peralatan navigasi, kamar radio dan nahkoda. Peralatan navigasi pada anjungan ini berfungsi untuk mengetahui posisi kapal. Perlengkapan kapal yang terdapat di bridge diantara lain adalah roda kemudi, kompas, teropong, radar dan radio komunikasi.

Sekat Pelanggaran

Bagian penting terakhir dalam kapal laut adalah sekat pelanggaran. Sekat pelanggaran merupakan bagian kapal yang berfungsi untuk mencegah kebocoran. Selain itu, sekat pelanggaran juga berfungsi untuk memperkuat lintang kapal.

Masih banyak bagian lainnya yang terdapat pada kapal laut. Namun, beberapa dari bagian diatas merupakan bagian umum yang penting untuk menopang perjalanan kapal laut.