Sudah menjadi rahasia umum bahwa semakin hari kondisi lingkungan bertambah kotor. Polusi air dan udara pun tidak dapat dihindari lagi. Akibatnya kualitas hidup dan kesehatan manusia kian menurun. Apabila dibiarkan saja dapat menyebabkan kepunahan makhluk hidup. Salah satu solusi meminimalisir dampat negatif dari limbah yakni membangun IPAL Komunal.

IPAL Komunal merupakan Instalasi Pengolahan Air Limbah yang digunakan bersama-sama. Biasanya dibangun oleh masyarakat pemukiman dan perumahan. Apabila pengolahan air limbah dilakukan di rumah sakit dinamakan IPAL Rumah Sakit. Sementara bagi industri rumah tangga yang digunakan secara pribadi dinamakan IPAL Rumah Tangga.

Dampak Negatif Limbah Bagi Manusia dan Lingkungan

Selama manusia hidup di dunia pasti selalu menghasilkan limbah atau kotoran. Contohnya limbah padat alias sampah dan limbah cair dari cucian dan WC. Khususnya pada limbah cair tidak dapat dibuang ke saluran pembuangan atau tanah begitu saja. 

Pada dasarnya memang tanah dapat menyerap segala jenis cairan. Tetapi cairan tersebut tidak mengendap begitu saja dalam tanah. Melainkan mengalir ke sungai hingga berakhir ke laut. Alhasil, limbah tersebut menyebabkan kerusakan lingkungan hidup.

Seharusnya air limbah diolah terlebih dahulu sebelum diserap tanah. Namun, limbah seperti kotoran manusia dan cucian sulit diurai ataupun diolah. Bayangkan saja apabila limbah dari WC yang kaya bakteri E.Colli mengkontaminasi sumur Anda.

Ujung-ujungnya Anda tidak dapat terhindari dari penyakit saluran pencernaan dan perut, seperti kolera, diare, dan typhus. Apabila air limbah tersebut langsung mengalir ke sungai dapat mengkontaminasi ekologi dan membuat sarang nyamuk DBD hingga lalat.

Sedangkan dampak dari limbah terhadap lingkungan biasanya berasal dari limbah deterjen hasil cucian. Limbah cucian yang dibuang dalam tanah tidak terserap maksimal dan mempengaruhi pH tanah atau tingkat keasaman.

Ditinjau dari segi estetika juga merugikan alam dan manusia. Limbah berupa cairan ini sulit diolah, karena memerlukan teknologi khusus seperti IPAL. Jika dibiarkan saja justru membuat aroma lingkungan tidak sedap dan mengotori pemandangan. Berbeda dari limbah padat masih bisa didaur ulang dan dialih fungsikan guna kebutuhan lain.

Cara Mengelola Limbah

Zaman dahulu pertumbuhan penduduk tidak pesat seperti saat ini. Bahkan antar rumah pun memiliki jarak dan letaknya tidak berdekatan. Kini semua telah berubah, pemukiman penduduk semakin berdempetan dan penuh. Hal ini juga mempengaruhi jarak antar sumur dengan WC nyaris tidak ada. 

Selain itu perlu dipertimbangkan kembali bahwa permukaan bumi semakin sulit menampung berbagai jenis limbah maupun kotoran. Sehingga manusia melakukan berbagai upaya untuk menanggulanginya. Semata-mata untuk menghindari pencemaran yang mungkin terjadi pada air tanah, udara, dan lingkungan.

Adapun beberapa cara yang dipercaya efektif mengolah limbah cair agar tidak mencemari air tanah, yakni:

  1. Secara individual akan praktis jika memasang septik tank pada setiap rumah. Tetapi septik tank tersebut memerlukan biaya sendiri dan lahan yang luas. Idealnya jarak septik tank dari sumur lebih dari 3 meter.
  2. Secara berkelompok alias komunal, kelebihannya memerlukan biaya yang lebih ringan. Disamping itu, lebih hemat lahan karena menjadi satu. Apabila ada kerusakan dan perawatannya juga tidak begitu membebani karena ditanggung bersama-sama.

IPAL Komunal Solusi Pengolahan Limbah Masyarakat

IPAL Komunal dijadikan sarana pengolahan limbah cair yang berasal dari rumah. Rangkaian penyusun IPAL sesuai standar terdiri dari unit pengolah limbah, jaringan perpipaan (berupa bak kontrol dan lubang perawatan). 

Selanjutnya rangkaian IPAL disambungkan dengan WC, dapur, dan kebutuhan lainnya. Biasanya dilakukan penyedotan setiap 1-2 tahun sekali tergantung kapasitas IPAL. Tujuannya agar IPAL tidak penuh yang berakibat kebocoran dan cairan meluber keluar.

Syarat Pembangunan IPAL Komunal Ideal

Pembangunan IPAL Komunal harusnya berdasarkan keinginan dari berbagai pihak. Supaya IPAL dapat tepat guna karena mudah dioperasikan, hemat biaya, hemat perawatan, dan hemat lahan. Khususnya agar buangan IPAL tidak merusak lingkungan sekitar.

Menurut Toya Arta Sejahtera yang telah berpengalaman membangun IPAL selama bertahun-tahun sebagai berikut ini:

  1. Adanya kebutuhan sekelompok masyarakat yang memerlukan IPAL untuk saluran pembuangan rumahnya.
  2. Adanya kemauan dan komitmen membangun dan melakukan perawatan IPAL. Kemauan tersebut tidak hanya untuk membangun IPAL semata, tetapi juga berkeinginan melestarikan lingkungan.
  3. Ada pihak eksternal yang memberikan dukungan, seringkali berasal dari pemerintah setempat. Bentuk dukungan yang diberikan dapat berupa pendanaan dan dukungan moral. Terkadang pembangunan IPAL Komunal juga melibatkan LSM yang memberikan bantuan teknis agar partisipasi masyarakat meningkat. Baik itu dari tahapan perencanaan, biaya, pembangunan, pengoperasian, sampai perawatan.

Proses Pembangunan IPAL Komunal

Proses pembangunan IPAL ini sangat mendetail sebab sejak awal memerlukan persetujuan dan komitmen masyarakat. Mulai dari konsekuensi biaya dan perawatannya. Setelah mencapai kata sepakat barulah dilakukan survey teknis dan sosial.

Survey teknis dilakukan guna menentukan lokasi dan kapasitas IPAL. Survey sosial mendata siapa saja warga yang berniat menggunakan IPAL dan dilakukannya sosialisasi pemakaian kepada warga.

Barulah mulai tahapan pembangunan IPAL yang melibatkan jasa kontraktor, pemerintah, maupun lembaga swadaya masyarakat. Tidak hanya itu saja, biasanya diadakan pelatihan agar masyarakat cermat dan bijak ketika merawat IPAL. Setelah selesai maka IPAL siap untuk dioperasikan.

Jasa Kontraktor IPAL Toya Arta Sejahtera

Supaya pembangunan IPAL Komunal sukses perlu didukung dengan jasa konsultan dan kontraktor IPAL terpercaya. Salah satu rekomendasi terbaik adalah Toya Arta Sejahtera. Beragam layanan yang disediakan antara lain jasa Kontraktor IPAL, STP, WTP, WWTP, Pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah Cair Domestik. Diperuntukkan bagi Industri, Rumah Sakit, Perhotelan dan Supplier Chemical IPAL.

Pengerjaan dilakukan oleh tim yang profesional dan solid agar menunjukkan hasil yang terbaik. Toya Astra Sejahtera memiliki pengalaman menyukseskan proyek besar hingga kecil. Seperti IPAL individu, IPAL rumah sakit, IPAL pabrik, IPAL Hotel, IPAL Apartemen, Extended Aeration, dan Biotechnology.Informasi lebih lanjutnya dapat mengunjung website resmi Toya Arta Sejahtera (https://www.toyaartasejahtera.net). Melayani kebutuhan wilayah Jakarta, Cikarang, Depok, Bekasi, Bogor, Banten, Serang, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, dan seluruh Indonesia.