Ketika ingin membangun sebuah rumah yang kokoh dan kuat, menggunakan bahan bangunan yang berkualitas adalah kewajiban. Salah satu bahan yang kini sering digunakan adalah baja ringan. Alasannya karena harga baja ringan Denpasar Bali  lebih murah dibandingkan bahan lain.

Baja ringan lebih sering digunakan sebagai bahan atap. Berbeda dengan kayu, pemasangan atap dengan bahan ini harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman agar bisa terpasang dengan baik dan presisinya kuat. Selain itu biaya dan harga baja ringan terbaru lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu.

Untuk mendapatkan baja ringan dengan harga terjangkau tergantung dari mereknya. Banyaknya merek yang beredar pasti akan membuat kebingunan. Oleh sebab itu, agar tidak bingung jangan sampai melewatkan tips memilih baja ringan berkualitas pada artikel ini.

Tips Memilih Baja Ringan Berkualitas

Jangan bingung dulu saat membeli baja ringan, tapi tidak tahu betul seluk beluk tentang bahan tersebut. Jika membaca artikel ini hingga habis, maka memilih baja ringan berkualitas bukan lagi hal yang sulit. Berikut ini tips yang dapat disimak;

1.Standar Baja Ringan Memenuhi Syarat

Sebelum melakukan pembelian baja ringan ada baiknya apabila melihat kualitasnya terlebih dahulu. Selalu pastikan bahwa baja ringan mempunyai mutu yang tinggi minimal memenuhi standar G550. Apabila telah terpenuhi, maka baja tersebut telah terbukti kuat dan kokoh  sebagai atap rumah.

Selain melihat standartnya, kualitas baja ringan juga dapat dilihat dari nilai SAE gradenya yaitu sebesar 980. Kedua standar tersebut adalah wujud dari nilai tegangan baja ringan. Semakin tinggi nilainya, maka kualitas baja tersebut semakin baik, harga baja ringan Bali juga mengikuti kualitas

2.Lihat Lapisan Anti Korosi

Harga baja ringan Denpasar Bali terbaru menunjukkan bagaimana kualitas baja ringan. Harga termurah baja ringan Bali tidak sama kualitasnya dengan harga termahal. Namun, harga tidak selalu jadi penentu baja ringan berkualitas. Hal lain yang jadi tolak ukur adalah lapisan anti korosinya.

Hampir semua baja ringan dilengkapi dengan lapisan anti korosi yang akan melindungi baja dari keropos. Hal ini sangat penting karena baja ringan harus mampu bertahan disegala cuaca baik itu panas, hujan atau angin.

Rata-rata baja ringan menggunakan lapisan Zinc dan aluminium zinc. Dimana zinc lebih tahan terhadap campuran air garam dan semen. Harga baja ringan Denpasar Bali yang dilengkapi lapisan zinc biasanya lebih murah dibandingkan lapisan Galvalume yang lebih kuat anti korosinya.

3.Ketebalan Anti Korosi

Yang tidak kalah penting selain factor harga terbaik baja ringan adalah dengan mempertimbangkan ketebalan lapisan anti korosi sehingga baja ringan mampu bertahan hingga berumur puluhan tahun. Ketebalan korosi ini akan berpengaruh terhadap kekuatan baja ringan.

Sedikit saran saja, lebih baik saat membeli pilihlah baja ringan galvalume dengan ketebalan standar 150 gram/m2. Lain halnya dengan baja ringan galvanis ketebalannya tidak boleh kurang dari 180 gram/m2. Semakin tebal lapisan, maka akan semakin kuat, tapi harga baja ringan Denpasar Bali  juga akan semakin mahal.

4.Perhatikan Sistem Bracingnya

Baja ringan adalah bahan material bangunan yang bobotnya ringan karena sangat tipis. Ketebalan minimum baja ringan adalah 0,75 mm. bentuknya yang tipis inilah, maka baja ringan membutuhkan sebuah system bracing yang kuat agar dapat menopang bobot ketika digunakan sebagai bahan atap.

System bracing ini tidak banyak orang yang paham bahkan tukang bangunan pun belum tentu memahaminya. Oleh karena itu apabila telah mendapatkan harga baja ringan Denpasar Bali terbaik, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan ahli baja ringan yang berpengalaman.

5.Perhatikan Alat Sambung Baja Ringan

Harga baja ringan Denpasar Bali harus berbanding lurus dengan kualitas baja. Jangan sampai mendapat harga mahal, tapi kualitasnya buruk. Untuk menentukan kualitasnya bisa dilihat dari alat sambung baja ringan yang digunakan.

Alat sambung yang digunakan adalah sekrup atau Self Drilling Screw. Untuk memasang sambungan ini dibutuhkan alat khusus sehingga dapat terpasang secara kuat. Alat khusus tersebut adalah screw driver dengan control torsi dan apabila terpenuhi maka pemasangan jadi lebih sempurna.

6.Garansi

Jangan lupa juga untuk memperhatikan garansinya. Membeli segala sesuatu apabila yang satu ini diabaikan, jika terjadi sesuatu saat pemasangan tidak akan bisa melakukan complain atas kerusakan atau cacat yang ada.  Saat membeli aktif tanyakan pada penjual tentang masa garansi baja ringan yang akan dibeli.

Baca juga: Bentuk layanan Sedot WC Jakarta Barat yang Paling Lengkap

Harga Baja Ringan Denpasar Bali

Apabila mencari harga baja ringan Denpasar Bali yang lebih miring, terdapat beberapa merek baja ringan yang dapat direkomendasikan. Merek tersebut antara lain TASO, Kencana dan Prima Truss. Yang jadi pertanyaan berapakah harga baja ringan bali terbaik tersebut? Simak di bawah ini;

Harga baja ringan Prima Truss

NoJenis BajaPanjangHarga Per Batang
1.Kaso Baja Ringan Prima Truss ketebalan 0,65 mm6 meterRp. 70.000
2.Kaso Baja Ringan Prima Truss ketebalan 0,70 mm6 meterRp. 75.000
3.Kaso Baja Ringan Prima Truss ketebalan 0,75 mm6 meterRp. 90.000
4.Kaso Baja Ringan Prima Truss ketebalan 1,00 mm6 meterRp. 100.000
5.Kaso Baja Ringan Prima Truss ketebalan 0,40 mm6 meterRp. 35.000
6.Kaso Baja Ringan Prima Truss ketebalan 0,45 mm6 meterRp. 40.000

Harga baja ringan Denpasar Bali merek Prima Truss sebanding dengan kualitasnya yang telah terbukti. Pabrik pembuatan baja ringan ini sendiri telah berpengalaman membuat baja ringan dengan kualitas terbaik dan telah memenuhi standart SNI. Jadi, tidak perlu ragu lagi.

Harga Baja Ringan Kencana Truss

NoJenis BajaPanjangHarga Per Batang
1.Baja Ringan Kencana Truss 100 mm6 meterRp. 120.000
2.Baja Ringan Kencana Truss 75 mm6 meterRp. 80.000
3.Baja Ringan Kencana Truss 70 mm6 meterRp. 70.000
4.Baja Ringan Kencana Truss 65 mm6 meterRp. 58.000
5.Baja Ringan Kencana Truss 45 mm6 meterRp. 40.000

Harga Baja Ringan TASO

NoJenis BajaPanjangHarga Per Batang
1.Baja Ringan ukuran 0,65 mm6 meterRp. 95.000
2.Baja Ringan ukuran 0,70 mm6 meterRp. 98.000
3.Baja Ringan ukuran 0,75 mm6 meterRp. 100.000
4.Baja Ringan ukuran 1,00 mm6 meterRp. 150.000
5.Baja Ringan ukuran 0,40 mm6 meterRp. 55.000
6.Baja Ringan ukuran 0,45 mm6 meterRp. 60.000

Sebagian besar orang pastinya telah mengenal merek baja ringan yang satu ini. Harga baja ringan per meternya termasuk terjangkau dan memang telah terbukti kualitasnya. Bahan baku yang digunakan telah tersertifikasi SNI 4096 hingga kualitasnya kuat, tahan lama, anti rayap dan ringan.