Beberapa orang mungkin masih awam dengan pengertian serta produk dari jasa setup bengkel spesial. Pasalnya, istilah tersebut memang masih jarang digunakan dalam pembicaraan dengan orang-orang biasa.

Berbeda dengan para pengusaha yang ingin mendirikan atau memiliki usaha perbengkelan, baik sepeda motor atau mobil. Keberadaan jasa setup bukan lagi hal baru dan justru akan dicari-cari, karena fungsinya yang sangat krusial.

Mengenal Produk dari Jasa Setup Bengkel Spesial

Jasa setup bengkel merupakan sebuah usaha yang memiliki peran penting dalam pendirian bengkel. Mereka terlibat sejak awal perencanaan, peletakan, hingga pengaturan alat-alat bengkel. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih yang terpercaya dan berpengalaman.

Langkah ini diperlukan tidak semata-mata hanya untuk memperoleh peralatan yang berkualitas, tetapi juga bengkel aman dan nyaman. Berikut adalah produk dari jasa setup bengkel spesial yang tersedia:

1. Instalasi Kompresor Udara

Produk dari jasa setup bengkel spesial yang pertama adalah pembuatan instalasi angin atau kompresor udara. Kompresor yang digunakan di bengkel yang besar tentu berbeda dengan bengkel biasa, begitu juga dalam hal pemasangannya.

Kompresor adalah alat yang dapat menghasilkan tekanan udara sangat tinggi, sehingga tata letaknya harus benar-benar dipertimbangkan. Apalagi bangunan bengkel yang cenderung berada di ruangan tertutup.

Berikut adalah tips untuk mendesain instalasi kompresor di bengkel:

  • Tekan risiko penurunan tekangan angin dengan meminimalisir jumlah lekukan yagn terdapat pada pipa.
  • Pastikan kondensasi di dalam pipa dapat dikeluarkan secara berkala dengan menyediakan titik pembuangan serta membuat sudut kemiringan.
  • Gunakan pipa berkualitas tinggi untuk menghindari korosi.
  • Lapisi pipa dengan cat anti bocor, terutama pada sambungan-sambungan pipa.
  • Pastikan pipa tidak terpasang di tempat yang sering digunakan untuk hilir mudik kendaraan, kecuali sudah melakukan perhitungan terlebih dahulu.
  • Jangan mengubur pipa kompresor, kecuali untuk keperluan tertentu.

2. Pembuatan Instalasi Gas Buang

Produk kedua dari jasa setup bengkel spesial adalah pembuatan instalasi gas buang. Adapun yang dimaksud dengan gas buang yaitu gas atau asap yang dihasilkan dari sisa-sisa pekerjaan bengkel. Berikut adalah beberapa gas yang sering terdapat pada bengkel:

  • Gas H2SO4

Gas H2SO4 dihasilkan dari proses elektrosasi akibat adanya kegiatan charge atau discharge aki. Gas ini memiliki ciri-ciri bau zat asam sulfat yang sangat menyengat dan mengganggu saluran pernapasan.

Jika bengkel menyediakan layanan pengecasan aki, maka sediakan ruangan khusus yang memiliki ventilasi lebih baik. Gas tersebut dapat berubah menjadi gas peledak, terutama saat dekat dengan percikan api.

  • Gas Knalpot

Jenis gas yang kedua adalah gas yang dihasilkan dari knalpot kendaraan. Di dalam gas ini terkandung beberapa zat berbahaya, salah satunya yaitu karbonmonoksida atau CO. Zat tersebut memang tidak berwarna dan cenderung tidak berbau, tetapi sangat berbahaya.

  • Gas Cairan Lain

Jenis gas yang terakhir adalah gas yang dihasilkan dari cairan pembersih maupun bensin yang digunakan kendaraan. Gas ini dapat menyebabkan keracunan, dalam kasus lebih lanjut juga menganggu saluran pernapasan.

Merujuk pada ketiga gas di atas, produk dari jasa setup bengkel spesial yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan menggunakan jasa yang terpercaya dan berpengalaman, minimal memahami tentang standar keamanan dan keselamatan kerja.

3. Instalasi Kelistrikan

Produk dari jasa setup bengkel spesial yang berikutnya adalah instalasi kelistrikan. Di dalam bengkel, kelistrikan tidak hanya menyangkut lampu penerangan saja. Sebab, ada banyak sekali peralatan bengkel yang memanfaatkan aliran listrik.

Beberapa di antaranya, yaitu kompresor, telepon, komputer, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dalam pemasangan instalasi listrik harus memenuhi syarat-syarat berikut ini:

  • Syarat Ekonomis

Dalam pemasangannya, instalasi listrik harus dibuat dengan sistem sedemikian rupa agar dapat menghemat pengeluaran. Ingat, penghematan ini tidak berarti menggunakan barang murah dan tidak mementingkan kualitas.

Namun, peralatan yang digunakan harus sesuai dengan standar keamanan, sehingga dapat menghemat biaya pemeliharaan dan konsumsi. Dengan mengandalkan produk dari jasa setup bengkel spesial, kebutuhan dapat tercukupi dengan baik.

  • Syarat Keamanan

Syarat kedua dari pemasangan sistem kelistrikan bengkel adalah keamanan. Aman di sini artinya tidak membahayakan alat dan orang-orang yang ada di dalamnya. Perhatikan hal-hal yang dapat memengaruhi kinerja arus listrik.

  • Syarat Kelangsungan Kerja

Sebelum melakukan pemasangan, pastikan sudah membuat perencaan dengan matang terlebih dahulu. Tak hanya menghindari terhentinya arus listrik, tetapi juga dapat memudahkan mekanik dalam bekerja.

4. Pemasangan Bikelift dan Peralatan

Layanan produk dari jasa setup bengkel spesial adalah pemasangan bikelift dan pengadaan peralatan. Bikelift yaitu alat yang digunakan untuk mengangkat kendaraan agar memudahkan mekanik untuk bekerja.

Tak hanya itu, jasa setup bengkel juga biasanya menyediakan layanan untuk memenuhi peralatan yang diperlukan, baik injeksi maupun manual. Bahkan, beberapa jasa setup bengkel ada yang siap untuk memproduksi alat yang dibutuhkan.

Demikian 4 produk dari jasa setup bengkel spesial yang dapat digunakan. Pastikan menjalin kerjasama dengan pihak yang berpengalaman dan mumpuni. Hal ini penting untuk memastikan bengkel yang didirikan benar-benar berkualitas.