Bisnis dropship atau bisnis online tanpa modal ini sudah menjadi tren di abad ke 21. Itulah mengapa banyak orang tidak lagi berjualan melalui e-commerce atau menjadi reseller. Karena menjadi seorang dropshipper akan lebih menguntungkan dan membawa berbagai macam keunggulan.

Tentunya semua orang ingin mendapatkan uang yang banyak tanpa modal bukan? Kini, anda bisa melakukan itu secara daring atau online. Apalagi di masa pandemi seperti ini, pasti orang lebih memilih untuk berbelanja secara online. Dunia jual beli secara online pun mulai mendominasi pasar ekonomi yang sedang ada. Banyak bisnis yang berdiri secara online akan jauh lebih sukses daripada bisnis biasanya.

Untuk mengikuti arus perkembangan teknologi, anda harus bisa beradaptasi dengan semua inovasi yang ada. Inovasi tersebut adalah seperti smartphone, e-commerce, online shopping dan lain lain. Itulah mengapa artikel hari ini akan meliputi dan menjelaskan cara lengkap untuk mendirikan sebuah bisnis dropship. Jadi simak artikel berikut ini untuk mempelajari bisnis online tanpa modal sekarang juga.

Apa itu Bisnis Tanpa Modal Dropship?

Bisnis online tanpa modal dropship adalah salah satu cara orang berjualan secara online. Arti kata dropship sendiri adalah untuk menjual barang yang dimiliki orang lain. Para penjual tersebut akan memiliki tugas seperti sebuah pihak ketiga. Pihak ketiga ini pun bertanggung jawab untuk menawar harga, membantu dengan proses pengiriman dan juga memasang harga yang sesuai. Ini adalah keunggulan terbesar dari seorang dropship. Karena anda tidak perlu modal, maka anda juga tidak perlu suplai barang. Suplai akan diberikan oleh seorang supplier barang. Tugas anda sebagai dropshipper adalah untuk mempromosi bisnis tersebut ke kerabat kerabat anda.

Ini menjadi dasar cara berjualan online menggunakan teknik dropship online. Para penjual bisa menjual barang tanpa harus memiliki barang atau mengemas barang tersebut. Dengan santai, anda hanya perlu mempelajari cara mengatur penjualan dari pembeli dan juga supplier. Jika ada pesanan, maka anda harus segera menghubungi supplier untuk mengirim barang. Biasanya, supplier bisa secara langsung mengirim barang ke alamat pembeli tanpa harus melalui anda. Setelah barang sampai, anda bisa mendapatkan imbalan yang sesuai dengan jasa yang diberikan.

Mencari Supplier dari Platform E-commerce

Sekarang, sudah ada ratusan hingga ribuan supplier yang bisa anda pilih. Beberapa diantaranya datang dari aplikasi e-commerce terkenal seperti Tokopedia, Shopee, Bli bli dan lain lain. Semua situs tersebut memiliki penjual yang menawarkan sistem e-commerce kepada anda. Sehingga anda pun bisa langsung memilih opsi tersebut untuk menjual barang kepada orang lain. Pastikan anda mencari sebuah supplier yang memiliki kredibilitas dan juga reputasi yang tinggi.

Reputasi dan kredibiltias seorang supplier bisa dilihat dari jumlah ulasan yang mereka miliki. Semakin banyak bintang mereka, maka semakin bagus juga online shop tersebut. Anda pun bisa mencari lebih dari satu sumber supplier. Jika anda memiliki supplier yang lebih banyak, maka secara otomatis, akan ada lebih banyak produk yang bisa anda jual.

Cari juga supplier dengan respon yang cepat, sehingga klien anda bisa membeli dengan cepat nantinya. Packaging juga sangat penting dalam transaksi jual beli online. Jika anda ingin mendapatkan kualitas terbaik, maka anda sebagai penjual pun bisa membeli terlebih dahulu. Ini menjadi cara bisnis online tanpa modal terbaik.

Menggunakan Platform Media Sosial Untuk Berjualan

Salah satu sarana penjualan terbaik secara online adalah media sosial. Beberapa diantaranya adalah seperti Instagram, Facebook, dan lain lain. Jika anda ingin terus mencari peluang usaha untuk menjual, maka anda bisa menggunakan lebih dari 2 platform media sosial. Ini akan sedikit merepotkan, namun anda bisa mencari banyak pelanggan baru dengan menggunakan berbagai media sosial.

Hal penting yang wajib anda buat terlebih dahulu adalah akun. Akun media sosial sangat penting supaya anda bisa mendapatkan jangkauan publikasi yang besar. Anda pun bisa bersosialisasi dengan para pembeli melalui media sosial tersebut. Ini bisa menjadi alat yang bagus untuk melakukan transaksi jual beli.

Sebagai seorang penjual, anda wajib mengupload foto secara rutin. Karena anda bertugas sebagai seorang dropshipper, maka anda bisa langsung mengdownload foto produk dari supplier. Kemudian, posting ulang saja foto tersebut untuk dijadikan konten dalam Instagram atau Facebook anda. Namun sebelum itu, anda harus menetapkan harga yang sesuai dengan produk.

Dropshipper memiliki kebebasan untuk memasang harganya sendiri. Jadi jika anda ingin membuat harga tersebut dengan profit margin puluhan ribu, ini terserah anda. Tapi pastikan harga yang dipasang tetap masuk akal supaya orang ingin membeli. Jika harga dari sebuah produk di mark up terlalu tinggi, maka orang orang pun tidak akan tertarik untuk membeli produk anda.

Pentingnya Pelayanan Pelanggan

Pelayanan pelanggan adalah kunci terpenting dalam menjual sebuah produk. Karena tidak akan ada gunanya jika orang tertarik dengan produk namun tidak dengan pelayanan anda. Promosi dan publikasi merupakan langkah pertama dalam mendapatkan seorang pelanggan di dunia e-commerce.

Namun setelah itu, anda pun harus bisa menarik pembeli tersebut kembali. Dua jenis pelanggan yang wajib anda ketahui adalah pelanggan baru dan juga pelanggan setia. Semua bisnis e-commerce yang sukses pasti akan memiliki pelanggan setia atau disebut juga dengan penggemar. Orang orang ini akan sangat menunggu produk yang anda jual dan akan terus membeli di tempat anda.

Ini akan menarik kembali semua pelanggan yang sudah pernah berbelanja di online shop anda. Dropship pun adalah bisnis yang terus membutuhkan pelanggan setia maupun yang baru. Jadi pelayanan pelanggan pun harus terus dijaga kualitasnya.

Contohnya adalah seperti cara anda menjawab para pelanggan. Ini sangat penting karena para pelanggan pun akan mau datang kembali jika mereka diberikan pelayanan yang bagus. Anda juga harus bisa memiliki waktu respon yang kencang. Ini perlu supaya pelanggan tidak akan pergi jika ingin membeli barang dari kalian.

Menerima Feedback dan Saran

Untuk menjadi lebih baik, anda semua harus bisa mendengar apa request para customer. Para pelanggan adalah orang orang yang penting dan tau dengan apa yang mereka inginkan. Jika anda ingin meminta saran, maka anda bertanya kepada mereka. Tanyalah pertanyaan seperti, produk apa yang anda cari saat melakukan online shopping? Jika sudah bertanya, maka anda pun sudah mengerti apa yang diminta oleh para pelanggan tersebut. Anda pun bisa mengisi stock atau mencari supplier untuk barang yang sedang trending.

Pastikan anda mengambil semua saran dengan pikiran yang terbuka. Ini dilakukan supaya anda pun bisa berkembang menjadi online shop yang lebih baik dan sukses. Selamat mencoba semua tips dan cara lengkap mendirikan bisnis dropshipper ini. Semoga bisnis anda bisa berkembang dengan baik dan mendapatkan keuntungan yang banyak.