Cover jok mobil merupakan elemen penting yang mempengaruhi desain interior. Para pecinta otomotif biasanya rela menghabiskan uang untuk membeli sarung jok mobil dengan Bahan-bahan Sarung Jok Mobil kualitas terbaik.

Bagi Anda yang berencana membelinya, perhatikan bahan-bahan yang beredar di pasaran. Sebab tidak jarang orang memilih harga mahal namun kualitasnya ambruk. Cover jok mobil yang fenomenal terjual dipasaran ada tiga macam bahan. 

Seperti bahan Oscar, Ferarri, dan Mbtech memiliki peminat tinggi karena kualitasnya terbaik. Penjelasan lebih lengkapnya dapat melihat ulasan berikut ini, check this out!

3 Bahan-bahan Sarung Jok Mobil

Bahan-bahan sarung jok mobil yang berkualitas tinggi umumnya dibanderol dengan harga mahal. Ketiga bahan berikut ini dapat menjadi pilihan karena harga, kualitasnya, dan motif.

1. Bahan Oscar Berkualitas Standar

Brand aksesoris mobil yang bernama Oscar mungkin sering didengar. Ada juga sarung jok mobil dengan bahan Oscar ketebalan permukaannya sekitar 0,5 hingga 0,7 mm. Teksturnya terbilang sedikit kaku dan terkadang panas, banyak yang menyebutnya dengan bahan spon. Sebab ciri khas dari bahan Oscar cukup tipis dan kaku.

Biasanya bahan Oscar diaplikasikan pada jok mobil merek Toyota Avanza. Motif dari model ini terbilang cukup ramai dengan jahitan, jadi tidak mengherankan jika mudah rusak ataupun sobek. 

Selain itu terdapat beberapa potongan kecil yang dampaknya menyebabkan bahan Oscar cepat rusak. Kondisi inilah yang menyebabkan bahan Oscar pas bagi jok mobil standar saja. Dilihat dari manfaatnya, secara fisik sarung jok mobil berbahan Oscar tampak seperti kulit. Sayangnya kualitas bahan ini berbeda dengan kulit, atau disebut alternative pengganti dari bahan kulit asli.

Cover jok mobil Oscar biasanya dijual dengan harga relative terjangkau. Ada banyak pilihan warna dan motif yang dapat dipilih sesuai selera. Bahan Oscar juga tidak hanya diaplikasikan sebagai jok mobil, dapat digunakan untuk pelapis sofa dan kursi kantor.

Permukaan pelapisnya juga tergolong rentan terkena air seperti bahan kulit asli. Sehigga  agak sulit dibersihkan setelah terkena kotoran cair atau padat. Kekurangan dari jok mobil dengan bahan Oscar yakni tidak dapat diduduki untuk waktu yang lama karena mudah terasa panas dan bentuknya gepeng.

Bahan Oscar juga tidak mampu menyerap panas secara terus menerus. Alhasil, jika kondisi ini terjadi dalam jangka waktu lama mengakibatkan permukaan retak dan pecah. Apabila diduduki dengan barang yang bebannya berat akan menimbulkan kerutan pada bagian permukaan.

Bahan Oscar dapat menjadi alternatif sarung jok mobil yang terbilan mumpuni. Sangat pas bagi yang ingin mendandani mobil dengan budget ekonomis.

2. Bahan Ferrari Tebal dan Empuk

Bahan Ferrari merupakan salah satu bahan cover jok mobil yang digandrungi masyarakat. Bahannya tergolong level medium quality, jika dilihat dari motif, tekstur, ketebalan, dan kehalusan. Umumnya bahan Ferrari dibuat dengan ketebalan 1 hingga 1,2 mm dan lebih dingin.

Menyoal harga sarung jok dari bahan ini terbilang medium alias kelas menengah. Perkiraan harganya untuk satu set cover jok Ferrari antara Rp. 600 ribu sampai Rp. 1,2 juta. Bahan Ferrari ini juga memiliki berbagai merek, antara lain Innova, Verona, Virotex, Akasa, Zittex, Myo, dan lainnya. 

Adapun bahan Ferrari dari merek paling mahal dikelasnya adalah Force dan Cherokee. Namun, sebanding dengan kehalusan, kelembutan, dan kelenturan yang disajikan membuat penumpang nyaman mendudukinya. Disamping itu terdapat beragam desain yang dapat dipesan atau dipilih sesuai selera.

Secara menyeluruh ada 3 grade dari bahan Ferrari untuk sarung jok mobil. Pertama, Grade A memiliki kualitas yang nyaris sama dengan brand Mbtech. Kedua, Grade B memiliki kualitas sedang dibandingkan bahan Ferrari premium. Ciri-cirinya tidak lengket karena komposisi bahan karet yang diaplikasikan minimal.

Ketiga, Grade C menampilkan kualitas paling bawah dari bahan Ferrari. Pasalnya, Grade C lebih dominan bahan Oscar dan dipadukan dengan karet. Grade C dapat ditemukan di pasaran dengan harga sangat murah.

Semua bahan Ferrari dikenal memiliki kualitas terbaik daan busa yang super tebal. Adapun berat bahan Ferrari sarung jok mobil seluruhnya yakni7 kg hingga 9 kg.

Baca juga: Analisis Peluang Bisnis Konveksi Paling Jitu!

3. Bahan MBtech Kelas Premium 

MBtech menjadi sarung jok mobil terbaik dengan tampilan dan kualitas premium. Bahan MBTech tergolong sebagai pemain lama di Indonesia yang peminatnya sangat banyak. Karakteristk bahan MBTech antara lain sangat lembut, adem, dan lentur. 

Alhasil setelah dipasang tampilannya presisi karena daya stretching sangat bagus. Tingkat ketebalan permukaan covernya juga tidak berbeda jauh dibandingkan bahan Ferarri. Dari segi harga per set cover jok mobil MBtech sangat kompetitif yakni sekitar Rp. 1,5 juta. 

MBTech juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai tampilan elegan dan mahal. Salah satu jenis MBtech paling high class adalah MBtech New Superior. Apabila Anda ingin memasang MBtech regular (basic) cukup mengeluarkan anggaran Rp. 700 ribu hingga Rp. 9 juta.

Jenis-jenis bahan yang menjadi pilihan dari sarung jok mobil MBTech antara lain MBTech superior, MBTech Camaro, MBTech Camaro Fiesta dan MBTech Picasso. Harga jualnya juga dipengaruhi dengan spesifikasi benang, busa, tekstur permukaan, desain, dan pola jahitan.

Seperti yang diketahui pola jahitan dari cover jok MBtech berkualitas standar, custom dan semi custom. Ada juga MBtech kelas premium yang identik dengan kesan elegan yakni Lederlux, Autoleder, Total Phantom.

Pilih Berdasarkan Harga Sarung Jok Mobil 

Anda dapat memilih bahan-bahan sarung jok mobil berdasarkan harganya. Mulai dari harga murah hingga mahal disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Rekomendasi terbaik adalah merek MBtech karena sudah berkualitas, tidak mudah pecah, anti sinar UV, anti terbakar, dan lengkap dengan formula anti bakteri. 

Desainnya juga sesuai dengan standar Internasional. Ingin mendapatkan sarung jok berkualitas dengan harga murah, hanya ada di Jok Mobil Murah (https://www.jokmobilmurah.com). Ayo pesan dan pasang sebelum kehabisan stok.

Baca juga: 8 Jenis Lampu Listrik menurut Distributor Lampu Philips