Teknologi lampu listrik terus berkembang mengikuti teknologi yang ada. Dan terus menjadi lebih baik dari sebelumnya. Teknologi lampu ini menurut Distributor Lampu Philips, kini telah menjadi lebih efektif. Dan memiliki varian yang berbeda-beda.

Pada awalnya, teknologi lampu listrik masih sangat sederhana. Membutuhkan daya yang sangat besar agar bisa digunakan. Hingga saat ini sudah ada beberapa jenis lampu. Yang bisa Anda temui di sekitar Anda. Agar Anda bisa mengetahui apa saja jenis dari lampu yang ada maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

Saat ini sudah ada beberapa jenis lampu berbeda yang bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhannya.

Distributor Lampu Phillips menyarankan agar menyesuaikan pada kebutuhan. Sehingga Anda menjadi lebih bijak dalam menggunakan listrik.

Jenis lampu listrik yang biasa digunakan di dalam rumah:

1. Lampu Pijar

Lampu pijar adalah generasi awal dari lampu yang ada saat ini. Lampu ini masih menggunakan tungsten yang dipanaskan agar bisa menghasilkan keluaran cahaya. Pada bagian dalamnya, filamen tingsten tersebut umumnya dicampurkan dengan gas nitrogen atau berada dalam ruangan vakum.  Semakin tinggi voltase dari lampu pijar maka akan mengeluarkan panas yang berlebih ketika digunakan.

Kelebihan utama dari lampu pijar adalah cocok untuk digunakan dengan dimmer untuk mengatur tingkat terang dari lampunya. Lampu pijar bisa dimanfaatkan untuk di rumah Anda agar bisa menciptakan kesan tradisional atau klasik pada rumah. Dilansir dari Liputan 6, lampu pijar memiliki kekurangan dari daya tahan pemakaiannya yang cenderung tidak akan tahan lama.

2. Lampu LED

Lampu LED adalah salah satu jenis lampu modern yang paling banyak digunakan. Lampu LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode. Jenis lampu  listrik ini sumber cahayanya berasal dari dioda. Lampu jenis ini tidak menggunakan filamen dan menjadikannya sangat hemat daya listik. Serta memiliki waktu pemakaian yang sangat panjang.

Kumpulan dioda pada lampu LED akan dirakit menjadi sebuah rangkaian. Kemudian dibentuk menjadi sebuah lampu LED yang utuh. Lampu LED sangatlah terang dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ini menjadikannya sebagai sebuah lampu yang sangat fleksibel bagi siapa saja.

Karena ukurannya yang sangat beragam, lampu LED juga bisa digunakan sebagai penerangan pada kendaraan bermotor. Dikarenakan pancaran cahayanya yang terang. Meskipun demikian, lampu ini memiliki kekurangan. Cahayanya sulit untuk difokuskan dan lebih berpendar dari lampu biasa.

3. Lampu Neon

Salah satu jenis lampu  listrik yang bisa dikreasikan agar memiliki warna-warna yang menarik adalah lampu neon. Sesuai dengan namanya, lampu ini berisikan gas argon atau neon yang bisa menghasilkan warna yang berbeda. Gas yang terdapat di dalam lampu ini akan menyala ketika terdapat aliran listrik yang melewati gas tersebut. Ketika lampu neon sudah menyala maka daya listrik yang dibutuhkannya akan berkurang dan menjadikannya lebih hemat daya.

Lampu neon banyak diaplikasikan sebagai lampu hias yang memiliki warna menarik.

4. Lampu Neon Kompak

Selain lampu neon yang biasa terdapat juga sebuah lampu neon kompak yang berukuran lebih kecil. Lampu ini diberi nama compact fluorescent light dan memiliki bentuk yang hampir sama dengan lampu pijar. Dalam pengoperasiannya, lampu ini sedikit berbeda dengan lampu pijar yang membutuhkan panas sedangkan lampu ini menggunakan aliran listrik agar gas di dalamnya bisa menyala.

Jenis lampu yang biasa digunakan di luar rumah beserta kegunaannya:

5. Lampu HID

Lampu HID atau disebut juga sebagai high intensity discharge adalah salah satu lampu yang banyak digunakan untuk daerah yang membutuhkan penerangan lebih. Lampu ini bisa menghasilkan cahaya yang jauh lebih terang jika dibandingkan dengan lampu pijar dan lampu pendar biasa. Kekurangan dari lampu ini adalah membutuhkan daya yang lebih besar agar bisa menyala dan perlu dipanaskan terlebih dahulu agar bisa menyala dengan terang.

Lampu HID juga banyak diaplikasikan pada kendaraan. Biasanya yang menginginkan lampu kendaraannya menjadi lebih terang. Daripada lampu bawaan dari pabrik. Meskipun demikian, lampu ini memiliki kekurangan yaitu harganya yang jauh lebih mahal daripada lampu yang lainnya.

6. Lampu Halogen

Lampu halogen adalah salah satu lampu yang memiliki ukuran kompak dan lebih mudah dalam pengaplikasiannya. Di dalam lampu ini terdapat sebuah filamen yang terbuat dari tungsten dan terbungkus dalam gas halogen seperti bromin atau iodin. Gas halogen tersebut akan membuat lampu ini menjadi lebih terang sekaligus meningkatkan daya tahan dari lampu jenis ini.

7. Lampu Pendar

Lampu pendar adalah salah satu jenis lampu yang menggantikan keberadaan dari lampu pijar.

Lampu jenis ini disebut juga fluorescent lamp.

Lampu ini sangat diminati karena membutuhkan daya yang jauh lebih rendah. Hanya membutuhkan daya yang sama untuk menghasilkan pancaran cahaya yang sama dengan lampu pijar. Selain itu juga pancaran sinar dari lampu ini jauh lebih lembut dan tidak tajam untuk mata Anda.

Kekurangan dari lampu ini menurut Distributor Lampu Phillips adalah tidak bisa digunakan bersamaan dengan dimmer.

Lampu pendar umumnya digunakan untuk lampu pada rumah karena harganya yang murah. Biasanya bisa dibeli di mana saja dengan mudah. Selain itu juga umur dari lampu ini termasuk cukup lama sehingga akan aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

8. Lampu Uap Natrium

Lampu uap natrium bertekanan rendah adalah salah satu jenis lampu yang mungkin jarang ditemui di sekitar Anda. Lampu ini perlu dipanaskan selama beberapa waktu hingga akhirnya bisa menghasilkan pancaran cahaya yang terang. Lampu jenis ini umumnya dipakai pada jalan raya ataupun tempat parkir yang berukuran besar dan memerlukan pancaran cahaya yang terang.

Itulah beberapa jenis lampu yang bisa Anda temui di sekitar Anda. Pilihlah salah satu jenis lampu yang paling sesuai dengan rumah Anda. Agar bisa mengurangi pemakaian listrik pada rumah.

Anda juga harus memperhatikan nilai estetis dari cahaya lampu. Ini dimaksudkan agar bisa membuat rumah Anda bisa terlihat lebih menarik.

Untuk itu silahkan hubungi Distributor Lampu Phillips terdekat di kota Anda.

Jangan lupa kunjungi juga artikel menarik kami lainnya.